Pilih Blog Gado-Gado atau Blog dengan Niche tertentu ? Ini Jawabannya

Pilih Blog Gado-Gado atau Blog dengan Niche tertentu ? Ini Jawabannya

Bagi para blogger yang baru ingin membangun blog, mungkin Anda ingin membuat blog pribadi hanya untuk tempat curhat atau cuma ingin mendapatkan penghasilan sekaligus menyalurkan hobi menulis nya. Khususnya untuk blogger yang tujuan-nya ingin mendapatkan penghasilan, karena Google mempunyai jaringan iklan yakni Google Adsense untuk memberikan income bagi para pemiliki blog atau website.

Nah saat Anda memang ingin membuat Blog, mungkin kebanyakan dari Anda bingung menentukan Niche atau pembahasan apa yang akan dimuat di blog sobat, hal inilah yang kadang membuat Blogger dilema dan bingung untuk menentukan niche blog yang ingin dibangun, Begitupun dengan Anda yang ingin mengembangkan blog nya, tidak terpaku dengan Niche itu-itu aja.

Tapi ada pertanyaan yang menarik, apa sih keuntungan dan kerugian membangun blog gado gado ? apakah baik membuat blog yang pembahasannya banyak dan luas alias blognya gado-gado. ? jawabannya adalah tergantung tujuan sobat membangun. Jika memang tujuannya untuk sekedar menaikan peringkat Alexa blog sobat, hal ini tidak ada salahnya untuk dilakukan. Anda bisa menambahkan beberapa Niche di blog sobat agar pembahasannya makin luas, dan tentunya blog Anda mungkin akan cepat populer.

Tapi menurut pengamatan pada website dan blog yang udah punya nama besar, para pengelolanya justru memilah-milah niche yang mereka bahas di blog atau website milik mereka. Jadi intinya blognya hanya fokus kedalam satu pembahasan.

Apa keuntungannya ? Keuntungannya adalah blog yang anda kelola mungkin akan cepat diingat oleh visitor anda. Contohnya seperti ini, Anda memiliki blog dengan pembahasan mengenai kesehatan. Kemudian Anda fokus dengan membuat artikel tentang kesehatan tanpa membuat niche lainnya. Nah hasilnya visitor mungkin akan mengingat domain anda jika mereka memang ingin mencari informasi tentang kesehatan. dan akan kembali ke blog anda untuk mencari informasi tentang kesehatan.

Beda kalo blog anda gado-gado. memang blog anda akan cepat memiliki trafict besar karena pembahasannya luas, tapi kemungkinan nama domain blog anda tidak akan diingat oleh visitor anda.

Pentingkah untuk membuat visitor mengingat blog anda ? jawabanya penting sekali. Jika domain anda sudah diingat oleh visitor, secara tidak langsung visitor tersebut sudah menjadi langganan anda. Dia akan terus balik ke blog anda untuk mencari sebuah informasi yang relevan.

Tapi gimana kalo tujuannya membangun blog banyak, Ingin mempunyai trafict besar, ingin rangking alexa kecil, Ingin membuat pembahasan yang luas, dan ingin blognya populer dan ingat oleh visitor.

Mudah saja. cukuplah dengan membuat sub domain, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk menyewa domain, karena domain lama anda nyatanya bisa dibuat sub-subdomain. Apasih subdomain itu ?

Subdomain adalah bagian dari domain, ibaratnya anak dari domain. Contohnya seperti ini, anda yang masih menggunakan domain akhiran blogspot.com nyatanya anda sudah menggunakan subdomain dari blogspot dan blogger. Begitupun dengan domain yang anda punya, Anda bisa membuat subdomian dari domian utama anda.

Nah dari subdomain yang anda buat, anda bisa tuh buat blog baru dengan subdomain. Dan tentunya untuk memperluas pembahasan dari blog sobat. Contohnya seperti ini, sobat mempunyai domain cintadotcom yang membahas seputar cinta, lalu sobat ingin mengembangkannya dengan niche baru tentang kesehatan. buatlah subdomain kesehatan.cintadotcom untuk blog sobat. Sub domaint itu fokus dalan pembasahan kesehatan. Jadi nggak perlu mencapurkan pembahasan di blog utama.

Tapi bagaimana dampaknya di ranking alexa. ? Algoritma Alexa juga akan menghitung trafict dari subdomain tersebut, trafict yang dihasilkan dari subdomain akan ditambahkan dengan trafict blog utama, jadi intinya, Alexa blog utama sobat akan terbantu dengan trafict subdomain anda. alias ranking alexa akan kecil dan naik.

Tapi kalo anda memang pengen membuat blog yang gado-gado juga nggak ada masalahnya kok, selagi para visitor tidak mengalami kebingungan untuk mencari sebuah informasi di blog anda. Namun sekedar saran aja, jika memang blognya pengen gado-gado jangan terlalu beda pembahasannya, alias sama sekali nggak nyambung. Contohnya, blog kesehatan dicampur dengan blog teknologi. Ada baiknya untuk menyelaraskan pembahasan. Misalnya blog utama sobat fokus membahas resep makanan, dikembangkan dengan niche kesehatan makanan, kan kalo gini nyambung pembahasanya di blog sobat.

Share Ini

Artikel Terkait

Latest
Sebelum
Next Post »

Konten yang ada di sini berhak cipta
Jangan memberikan link aktif. Karena langsung dianggap spam oleh sistem
Jangan memberikan promosi apapun tanpa izin. EmoticonEmoticon