10 Cara Optimasi SEO Video Youtube yang membuat banyak View

10 Cara Optimasi SEO Video Youtube yang membuat banyak View


Dengan strategi pemasaran SEO yang semakin inovatif setiap hari, tidak mengherankan bahwa YouTube telah membuat dampak besar pada peringkat Search Engine Optimization. Mendapatkan peringkat yang lebih tinggi untuk halaman Anda dengan bantuan video YouTube merupakan strategi yang cukup baik,

Sekitar 1 Miliar pemirsa mengunjungi YouTube setiap bulan membuat platform mesin pencari ini adalah yang terbesar kedua setelah Google. Perkembangan Youtube juga dirasa sangat cepat, Ini dikarenakan Youtube mengundang setiap orang untuk mengembangkan aplikasi bergai video ini bersama-sama. youtube juga akan memberikan kita income atau penghasilan jika video dan channel kita sukses.

Bagi kalangan youtuber, mempunyai view yang banyak, dan subcribe yang membludak adalah salah impian besar. Bukan sekedar menyalurkan hobi membuat video yang kreatif, Youtuber juga bisa menghasilkan uang dari hobinya tersebut. Dengan cara apa ? dengan cara mendapatkan iklan.

Sebenarnya tidak semua Youtuber mengandalkan Iklan Google Adsense sebagai ladang penghasilan mereka, tapi bisa juga mereka mendapatkan sponsor pribadi dikarenakan channel yang mereka kelola sudah mempunyai nama dan populer, apalagi Channel tersebut mempunyai Niche atau pembahasan yang menarik, unik, dan lain dari pada yang lain.

Sebetulnya teknik SEO (Search Engine Optimiziation) tidak terlalu penting di aplikasi Youtube. Karena bisa kita perhatikan, banyak Youtuber hanya asal upload, dan memberikan judul asal-asalan. justru viewer dan subcribe mereka bertambah sangat banyak, dan tidak jarang, nongrong di trending youtube.

Akan tetapi, bukan berarti teknik SEO ini tidak bermanfaat sama sekali. memang Algoritma Google dan Youtube itu berbeda, jadi SEO untuk youtube agak sedikit berbeda dengan SEO untuk Google. Nah tanpa berpanjang lebar lagi, berikut adalah 10 Teknik SEO Youtube.


10 Cara Optimasi SEO Video Youtube


Tentukan  Niche yang Relevan


Sebelum anda membuat Channel dan mengupload video, sebelum itu penting rasanya untuk menentukan Niche atau pembahasan apa yang menjadi fokus Channel yang akan dibangun. Tentukanlah satu Niche yang abadi, jadi tidak istilahnya Gado-Gado (pembahasannya campur-campur). Kenapa, karena biasanya Niche anda yang abadi akan mebat viewer anda mengingat Channel yang anda buat.


Nama Channel


Setelah Anda menentukan Niche, selanjutnya tentukan lah Niche yang terlevan dengan pembahasan Channel Anda. Contohnya jika anda memilih Niche Review, Apa salahnya jika anda memberikan nama yang juga memiliki kata review. Kenapa ? karena viewer anda mungkin akan mengingat Channel anda pertama kali jika mereka ingin mencari tahu sesuatu tentang review. 

Penentuan Channel disini nggak mesti ikut-ikutan orang. Gak usah meniru yang telah berhasil membuat Channel yang sukses, buatlah yang beda. Tapi jika anda terpaksa meniru Niche seseorang yang telah berhasil, usahakalah lebih baik dari Channel tersebut. karena akan sulit untuk Anda bersaing jika video anda tidak baik bahkan lebih jelek dari Channel saingan Anda.


Nama File


Teknik pertama adalah memberi nama file video sebelum Anda upload di youtube. Contohnya seperti ini,  jika Niche yang ingin Anda upload itu adalah seputar review benda, usahakan file yang ingin anda upload juga bernama review benda. Mengapa, file yang anda upload itu akan tersimpan di server youtube,

Ibaratnya jika Anda ingin mencari sebuah file di komputer Anda, namun Anda lupa ada dimana file tersebut, mungkin Anda akan mencarinya di kolom pencarian dengan mengetikan nama file yang anda cari. Nah hal ini juga berlaku ketika Anda mengupload sebuah file video di Youtube. Server Youtube akan lebih mudah mencari file anda jika ada seseorang yang mencari keyword yang Anda targetkan.


Kata kunci 


Seperti biasa, penggunaan kata kunci membantu mengidentifikasi kata-kata yang cocok untuk video yang Anda cari. Kata kunci harus dimasukkan dalam judul video dan deskripsi. Pilihlah kata kunci tang anda targetkan, namun pemilihan  kata kuci target cukup satu atau dua kata kunci. jangan terlalu benyak kata kunci, apalagi memberikannya di judul yang anda buat. Contohnya

1. Cara Optimasi SEO Youtube yang Baik
2, Cara Optimasi SEO di Youtube dan Blog yang Baik dan Benar.

Jika harus memilih kata kunci mana yang baik pada dua contoh diatas, maka jawabannya adalah kata kunci yang pertama. Mengapa ? karena kata kunci target pada contoh yang pertama hanya ada satu atau dua kata kunci saja. berbeda pada contoh yang kedua yang banyak sekali kata kunci target. Lalu hasilnya apa ? Calon viewer anda akan diberi kepastian dari apa yang mereka cari. Mereka ingin mencari tentang "SEO Youtube" saja, bukan untuk mencari "SEO Youtube dan Blog".


Tag dan kategori


Selama proses upload video di YouTube, Anda diberi pilihan untuk meng-upload di bawah kategori tertentu yang berkaitan dengan video. Tagging membantu mengidentifikasi video dari berbagai kategori. Taq juga berfungsi untuk menampilkan video Anda dilaman beranda youtube seseorang. Jadi contohnya seperti ini, jika anda memberikan Tag SEO Youtube di video Anda, maka viewer yang gemar mencari video tentang SEO, akan menampilkan video Anda dilaman beranda mereka.


Video Judul


Terlepas dari mengandung sekitar 50 karakter, judul juga harus menyertakan kata kunci target yang relevan untuk menghubungkan konten. Usahakan memberikan seperti

1. Judul yang dapat membuat perhatian orang.
2. Judul yang membuat penasaran orang.
3. Kasih kata kunci apa yang akan mereka dapat di video anda.
4. Buatlah judul dengan bahasa yang mudah dipahami .


Video Description


Sama seperti halnya Blog, deskripsi akan membantu viewer mendapatkan kepastian dari apa yang sedang mereka cari. Berikanlah beberapa deskripsi di video anda, seperti halnya cerita singkat ataupun sipnosis dalam sebuah film. Dan sebarkan beebrapa kata kunci yang anda targetkan di deskripsi video anda.


Buat Thumbnail yang Baik


Manfaatkanlah fitur Thumbnail di video Anda, jika saat ini anda belum tahu apa itu thumbnail, Nah thumbnail adalah gambar pendukung yang akan muncul di video anda. Ceritanya gambar pendahuluan sebelum ada yang meng-klik video tersebut. Jadi buatlah Gambar thumbnail yang bisa menarik perhatian oleh para calon viewer anda.


Anotasi 


Anotasi dapat dihubungkan dengan video lainnya, video terkait, playlist Anda, dan saluran. Pintar-pintar-lah anda untuk menuntun viewer anda untuk menjelajahi setiap video di Channel Anda. Contohnya anda bisa menyelipkan video terkait saat video anda sedang berjalan, atau bisa juga anda menyarankan viewer anda untuk untuk menonton video yang sebelumnya. Semakin viewer anda tersesat di Channel Anda, semakin banyak pula viewer yang akan anda dapatkan.


Buatlah Video yang Bermanfaat


Nah ini adalah poin terakhir sekaligus yang terpenting. Buatlah video yang bermanfaat untuk subcriber anda. Kata Bermanfaat disini memang sangat luas, karena setiap orang pasti memiliki tujuannya masing-masing, berhak memilih video apa yang akan mereka tonton pada hari ini. Contohnya simpel aja, Calon viewer anda sedang galau dan membutuhkan video yang lucu dan membuat ketawa. Nah mungkin aja video yang anda upload di Youtube dengan Niche menghibur bisa bermanfaat untuk seseorang tersebut. Jadi intinya buatlah video yang bermanfaat.

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »