10 Optimasi SEO Onpage Pada Blog yang Baik dan Benar

Optimasi SEO Onpage Pada Blog yang Baik

Cara Optimasi Seo Onpage Pada Blog


Metode Seo onpage merupakan salah satu yang menentukan dalam usaha meningkatkan pagerank. optimasi seo onpage ini bersifat sama  baik ber flatform wordpress, blogger, tumbir dan sebagainya. semakin baik optimasi seo onpage nya, maka semakin terbukalah peluang untuk tampil di halaman pertama.

Langkah dan cara melakukan Metode optimasi SEO onpage
banyak cara yang bisa dilakukan untuk optimasi seo onpage.

1. Kita harus memahami dulu apa sebenarnya SEO onpage
2. Title dan long title keyword
3. Keyword
4. Meta Description
5. Link URL
6. Tauntan pada blog
7. optimasi teks dan gambar
8. membuat Artikel yang berkualitas

APA ITU OPTIMASI SEO ONPAGE

Metode optimasi SEO Onpage pada blog adalah metode yang bersifat teknis karena yang di optimalisasi adalah halaman website itu sendiri, Metode optimasi SEO Onpage berpengaruh sekitar 60% terhadap SERP. untuk itu cara optimasi SEO onpage sangat penting dilakukan oleh blogger apalagi yang baru membuat blog.

Sebelum beralih bagaimana cara metode optimasi SEO onpage kita harus mempertimbangkan faktor yang tidak kalah penting karena mesin pencari mempertimbangkan faktor faktor Lokasi Server, nama domain, brouce rate mohon pelajari dulu ini

Setelah mempelari faktor-faktor yang mempengaruhi mesin pencarian, kini kita lanjutkan topik yaitu cara optimasi SEO onpage, Adapun komponen dasar metode optimasi onpage SEO adalah

TITLE ( JUDUL )

Pemberian judul yang tepat akan membantu website menempati SERP yang tinggi. Judul halaman yang baik adalah mengandung kata kunci yang telah kita bidik. Optimalnya adalah 64 karakter karena yang akan di tampilkan di SERP. Peletakan kata kunci sebaiknya di tempatkan diawal. Misalkan

"Optimasi SEO Onpage Pada Blog yang Baik".

untuk contoh title diatas. kata kunci yang kita bidik adalah optimasi SEO Onpage. menurut pakar SEO, kata kunci yang ditempatkan diawal judul lebih baik ketimbang pelatakan di akhir. Saya akan kembali memberikan contoh. ketika kita telah melakukan riset kata kunci pada google planner. judul artikel bisa kita kembangkan menjadi

1. Optimasi SEO Onpage pada blog yang baik

2. cara melakukan optimasi SEO onpage pada blog yang baik.

dari contoh title diatas. google akan mempertimbangkan dan memproritaskan title yang nomor satu ketimbang title yang nomor dua. kenapa ? karena title nomor satu meletakan kata kuncinya diawal. sedangakan nomor dua meletakannya di tengah.

OPTIMASI LONG TITLE KEYWORD

Selain title/judul yang perlu diperhatikan. kita juga harus memperhatikan long title keywordnya. apa itu long title keyword ? long title keyword adalah judul positingan yang panjang yang menargetkan banyak kata kunci. 

Misalkan:
1. cara Optimasi seo lengkap
2. cara optimasi seo onpage dan offpage

dari kedua title diatas. contoh yang nomor dua lebih baik dimata seorach engine. kenapa ? dari contoh yang kedua, sobat bisa menargetkan 2 sampai 3 kata kunci. yaitu "optimasi seo, optimasi seo onpage dan optimasi seo offpage atau bisa juga optimasi seo onpage dan offpage"

META KEYWORD

Meta keyword merupakan kata kunci yang ada didalam artikel atau halaman tersebut. peletakan kata kunci didalam artikel atau halaman setidaknya ada satu kata kunci yang diulang.
Google akan memperhatikan isi dari blog atau halaman yang kita buat. untuk itu sangat dianjurkan meletakkan kata kunci pada 100 kata pertama didalam sebuah artikel atau halaman

META DESCRIPTION

Deskripsi adalah penjelasan atau uraian singkat suatu halaman. teks ini biasanya muncul dihalaman pencarian. deskripsi adalah pilihan kedua  yang dipertimbangkan bagi pengunjung. ibarat kalian berpergian di kawasan pusat perbelanjaan yang penuh dengan toko-toko. mungkin kalian akan kebingungan untuk masuk ke toko yang mana.

akan tetapi jika toko tersebut ada deskripsi diskon di luar toko nya atau pusat sepatu terbaik. dan lain-lain. maka kalian mungkin akan mempertimbangkan untuk masuk ke toko tersebut. begitu juga bentuk dari meta descripsi pada blog. disarankan panjang meta description maksimal 150 karakter.
.

URL PAGE

Seringkali kita mengabaikan Format penulisan URL pada suatu halaman. seringkali juga kita menuliskan url dengan format yang bermacam-macam teks,simbol, angka dan sebagainya biar terlihat keren. ada juga yang menulis url page dengan yang panjang sehingga susah diingat. akan tetapi, format url page sangat menentukan posisi atau ranking halaman website tersebut. alangkah baiknya kita kita menyjiakan alamat url dengan singkat, padat, mudah dingat dan friendly dengan mesin pencari

Contoh URL yang buruk
http://www.domain.com/?id=1325&cat=12

Contoh URL yang baik
http://www.domain.com/inijudulku

URL yang disukai mensin pencarian adalah yang berbentuk teks. artinya, dari dua contoh diatas. alamat URL kedua tentunya lebih frienly denga mesin pencari.

OPTIMASI LINK TAUTAN

Semua tautan link yang ada di web terdiri dari link internal dan external. link internal adalah link yang menuju halaman lain diwebsite kita sendiri. sedangkan link external merupakan link yang menuju halaman website orang lain. untuk itu disaran mengoptimasi link tautan agar terlihat freindly

bagaimana cara? disarankan untuk membuat link menyatu dalam teks yang kita buat. kerena mesin pencari menyukai link yang menyatu dalam teks yang kita buat. akan tetapi jangan kira kita boleh menyisipkan link tautan sebanyak banyaknya di artikel dan halaman kita kerena itu tidak baik dan akan dikira span mesin pencari.

adapun tata cara anchor sebaiknya di isi dengan kata kunci yang anda targetkan

<a href="Optimasi-SEO.html">Optimasi SEO">

SITEMAP

Sitemap merupakan peta atau navigasi dari keseluruhan isi website anda. adanya sitemap akan memudahkan mesin pencarian melakukan crawling. setelah kita memiliki sitemap maka kita harus men-submit sitemap tersebut ke search engine Google melalui google webmaster. jika kalian bingung bagaimana cara mendaftarkan sitemap ke google. silahkan simak cara mensubmit sitemap pada google webmaster tools

OPTIMASI ISI TEKS

Teks adalah bagian terpenting dari sebuah halaman website. buatlah artikel yang panjang, berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung, buatlah pengunjung betah berlama-lama dan senyaman mungkin dengan website kita, bila artikel kita memiliki teks yang panjang, disaran untuk membuat paragraf baru dengan 2 spasi agar mata pengunjung tidak lelah. bisa dibayangkan jika mata kita terus menerus melihat dan membaca. maka akan lelah dan cepat bosan.

OPTIMASI GAMBAR

Gambar cukup penting di halaman website kita. Mengapa ?, Anda bisa bayangkan jika sebuah halaman atau artikel website hanya berisikan teks yang panjang, maka saya yakin pengujung akan lebih cepat bosan  untuk itu dengan ada nya gambar akan membuat pengunjung bisa menginstirahat sejanak mata nya untuk melihat sejenak gambar tersebut.

Jika website memiliki gambar, maka harus dioptimalkan agar mesin pencari bisa membaca tema dari gambar tersebut sehingga web dipandang lebih friendly. Selain itu, nama file gambar kalian juga berpengaruh. nama file "Optimaso-seo.jpg" lebih baik dari pada "d34hhd.jpg". karena mesin pencari akan memahami bahwa gambar di website anda adalah mengenai optimasi seo.

BUAT ARTIKEL PANJANG DAN BERKUALITAS

Jika kalian membidik kata kunci dengan tingkat persaingan yang kuat. maka disangat disarankan membuat artikel yang panjang minimal 1500 kata atau lebih. karena study dari SerpiQ yang meneliti tentang SEO membuktikan bahwa artikel yang mempunyai 1500 kata atau lebih memiliki peluang lebih besat untuk tampil di halaman pertama.

Share Ini

Artikel Terkait

lanjut
« Prev Post
Sebelum
Next Post »

Konten yang ada di sini berhak cipta
Jangan memberikan link aktif. Karena langsung dianggap spam oleh sistem
Jangan memberikan promosi apapun tanpa izin. EmoticonEmoticon